Kegagalan Pil KB Lebih Tinggi

Menurut Winner dkk (2012), kehamilan lebih sulit dicegah dengan menggunakan pil kontrasepsi daripada menggunakan kontrasepsi kerja panjang seperti IUD atau implan. Penelitiannya di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kehamilan yang tidak diinginkan pada pengguna pil mencapai 4%, lebih banyak daripada IUD yang angka kegagalannya hanya 27 : 10.000. Padahal, pengguna pil kebanyakan adalah perempuan yang belum pernah hamil sama sekali dan membayar asuransi kesehatan dengan biaya sendiri.

Sebaliknya, IUD lebih banyak dipilih oleh mereka yang multiparitas dan dibayari asuransi kesehatannya oleh pemerintah. Mereka yang menggunakan injeksi DMPA biasanya cenderung miskin dan kesulitan membayar biaya kesehatan, tetapi angka kegagalan kontrasepsinya hanya 22 : 10.000.

Pil terbilang cukup populer di antara para pengguna kontrasepsi reversibel, karena 70% penggunanya memilih pil dibandingkan alat lainnya. Akan tetapi sebetulnya angka kegagalan kontrasepsi pada pengguna IUD masa kini lebih kecil. IUD modern umumnya aman digunakan pada penderita penyakit menular seksual, asalkan pada saat pemasangannya tidak didapatkan servisitis.

Sumber: N Engl J Med 2012; 366:1998-2007

Saya rasa, permasalahan kegagalan KB kini bukan lagi berputar pada masalah status ekonomi akseptor KB. Mendidik akseptor mengenai kepatuhan untuk tetap setia ber-KB yang jauh lebih penting. http://laurentina.wordpress.com
http://www.georgetterox.blogspot.com

This entry was published on Desember 25, 2012 at 10:58 am. It’s filed under Kontrasepsi and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: