Menarik Manfaat Hormonal Replacement Therapy pada Menopause

Pada tahun 2002, terbit laporan dari Woman Health Initiative yang menyatakan bahwa terapi sulih hormon (hormonal replacement therapy, HRT) berbahaya bagi penggunanya karena meningkatkan risiko kardiovaskular. Ini membuat penggunaan HRT menurun drastis.

Selama 10 tahun terakhir ditelaah ulang mengenai HRT, akhirnya didapatkan oleh Peter Schimdt dalam tulisannya pada Menopause 2012 March; 19(3): 257–271, bahwa HRT lebih banyak memberikan manfaat daripada kerugian, tergantung dari formula terapi yang diberikan (terapi estrogen saja, atau didampingi dengan pemberian progesteron), rute pemberian, dan onset pemberian. Risiko lebih tinggi jika diberikan HRT pada wanita yang memang sudah memiliki predisposisi terhadap kejadian kardiovaskular. Namun risikonya rendah jika mulai diberikan pada usia 50-59 tahun.

HRT berupa terapi estrogen dapat diberikan kepada perempuan menopause selama memang tidak memiliki risiko kardiovaskular. Terapi estrogen ini juga bermanfaat bagi perempuan yang mengalami menopause prematur karena kelompok ini cenderung lebih sering mengalami masalah-masalah pasca menopause daripada kelompok lainnya.

Saya mendapatkan kesan bahwa laporan dari WHI nampaknya mengandung kelemahan berupa sampel penelitian yang kurang merata, sehingga memang belum layak untuk digeneralisasikan pada populasi umum. Kendati efek publikasi laporannya menurunkan popularitas HRT, namun kita mendapatkan manfaatnya berupa penelaahan ulang akan HRT yang justru akibatnya malah meningkatkan pengetahuan kita akan kegunaan HRT itu sendiri. http://laurentina.wordpress.com
http://www.georgetterox.blogspot.com

This entry was published on Desember 27, 2012 at 5:38 am. It’s filed under Menopause and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: