IUGR dan Prognosis Sindroma Metabolik

Bayi-bayi yang terlahir dengan pertumbuhan janin terhambat (IUGR, intrauterine growth restriction) ternyata berisiko mengalami sindroma metabolik ketika besar nanti. Somm dkk (2012) membuktikannya pada sekelompok tikus yang dibuatnya mengalami IUGR dengan cara memaparkan sebagiannya dengan deksametason dan membuat sisanya menjadi malnutrisi. Dalam observasi didapatkan pada hari pascasalin ke-21, bahwa tikus-tikus tersebut mengalami peningkatan glukoneogenesis yang prematur dan intoleransi glukosa sebelum waktunya.

Lebih sedikit sel beta pankreas pada janin IUGR dibandingkan janin normal, maka insulin yang diproduksi pun juga lebih sedikit.

Lebih sedikit sel beta pankreas pada janin IUGR dibandingkan janin normal, maka insulin yang diproduksi pun juga lebih sedikit.

Pada tikus tersebut diperoleh bahwa tertundanya perkembangan prekursor sel beta pankreas oleh karena kurangnya asupan kalori, mengakibatkan rendahnya jumlah sel beta pankreas yang diperlukan untuk mensekresikan insulin.

Juga diperoleh bahwa kekurangan asupan kalori menyebabkan penurunan cadangan lemak pada tikus. Akan tetapi situasi ini menyebabkan bermunculannya jaringan preadiposit, sehingga nampak bahwa IUGR dapat meningkatkan adipogenesis yang dapat menyebabkan obesitas di kemudian hari.

Sumber: PLoS One. 2012; 7(11): e50131.

Adanya peningkatan glukoneogenesis dan adipogenesis pada tikus-tikus IUGR menyiratkan akan tingginya risiko sindroma metabolik yang ditanggung tikus-tikus ini di kemudian hari. Malnutrisi pada ibu dan paparan kortikosteroid (deksametason) dalam uterus berkontribusi terhadap peningkatan metabolisme glukosa dan lemak tersebut.

This entry was published on Desember 29, 2012 at 4:46 pm. It’s filed under IUGR and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: