Pil KB + Drospirenon Meningkatkan Risiko Tromboemboli Vena

Pil-pil KB semacam etinil estradiol yang dipak bersama progestagen generasi baru seperti levonorgestrel atau drospirenon ternyata tidak menghilangkan risiko tromboemboli vena (venous thromboembolism, VTE) yang ditanggung oleh penggunanya. Lidegaard dkk (2012) membuktikan bahwa di Denmark, pada pengguna pil kontrasepsi etinil estradiol dengan levonorgestrel, risiko untuk mengalami VTE cenderung meningkat hingga tiga kali lipat jika dibandingkan mereka yang tidak menggunakan pil tersebut. Sedangkan pada pengguna pil etinil estradiol bersama drospirenon atau siproteron asetat, risiko VTE bahkan meningkat hingga tujuh kali lipat.

Pil etinil estradiol + levonorgestrel

Pil etinil estradiol + levonorgestrel

Peningkatan risiko VTE ini nampaknya terkait dengan asosiasi antara jenis progestagen dan sex hormone binding globulin yang ditimbulkan. Pada pil KB dengan levonorgestrel, SHBG meningkat sampai 50%. Adapun pada pil KB dengan drospirenon atau siproteron asetat, peningkatan SHBG dapat meningkat sampai 300%. Peningkatan SHBG ini berkaitan dengan peningkatan estrogenisitas, sehingga turut pula meningkatkan risiko VTE.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Acta Obstet Gynecol Scand 2012; 91: 769-78 ini nampaknya menyiratkan kita bahwa pilihan utama pil KB pada wanita berusia muda hendaknya ialah etinil estradiol dengan levonorgestrel. Pada wanita dengan faktor predisposisi terhadap VTE (misalnya wanita dengan riwayat VTE atau obesitas) sebaiknya bahkan tidak menggunakan pil ini, namun lebih baik menggunakan pil progestogen-saja.

This entry was published on Januari 3, 2013 at 10:30 am. It’s filed under Kontrasepsi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: