Hepatitis B pada Kehamilan dan Menyusui

Kehamilan dengan hepatitis B cukup menyulitkan karena terapi antiviral bagi hepatitis B dapat mengganggu kehamilan. Disarankan bagi penderita hepatitis B yang masih dalam terapi untuk menunda kehamilannya terlebih dahulu.

Algoritma Hepatitis B

Namun jika penderita sudah telanjur hamil saat didiagnosa hepatitis B, terapi antiviral dapat ditunda dulu. Penderita hamil trimester pertama masih dalam fase toleran imun dan penyakit masih dalam tahap yang ringan, kecuali jika dalam pemeriksaan nampak bahwa penderita sudah mulai mengalami fibrosis.

Imunoglobulin hepatitis B (HBIg) dapat menurunkan transmisi hepatitis B dari ibu ke bayi, dan angka transmisinya lebih rendah lagi jika HBIg ini dikombinasikan dengan vaksin. Namun imunoglobulin dan vaksin ini tidak dapat mencegah transmisi jika viral load hepatitis B ibu ini sudah melebihi 100.000.000 kopi/ml. Persalinan melalui operasi Caesar juga tidak mencegah transmisi hepatitis B dari ibu ke janin, nampak dari riset Bzowej NH (2012) yang menunjukkan bahwa angka transmisi hepatitis B bagi bayi yang dilahirkan per vaginam hanya 5,94%, sedangkan bagi bayi yang dilahirkan melalui operasi Caesar CITO ialah 8,51%, tetapi jika operasi Caesar dilakukan secara elektif maka transmisinya hanya 2,12%.

Bzowej menulis dalam Curr Hepat Rep. 2012 June; 11(2): 82–89. bahwa menyusui tidak berkontribusi terhadap penularan hepatitis B dari ibu kepada bayinya. Bahkan disebutkan bahwa ibu yang mengidap hepatitis B bukanlah kontraindikasi untuk menyusui.

Kecuali bagi ibu pengidap hepatitis B yang sedang dalam terapi antiviral seperti lamivudin dan tenofovir, maka menyusui tidak direkomendasikan.

This entry was published on Januari 10, 2013 at 2:56 pm. It’s filed under kelainan medis pada kehamilan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: