Olahraga Tidak Mencegah Diabetes Gestasional

Selama ini telah terbukti bahwa pengaturan gaya hidup seperti berolahraga dapat mencegah diabetes. Akan tetapi mekanisme yang sama ternyata tidak berlaku bagi orang hamil, nampak dari riset Stafne SN dkk (2012) yang membuktikan bahwa olahraga ternyata tidak mampu mencegah diabetes gestasional.

pregnant_exercise1Stafne dkk meneliti 855 ibu hamil yang diberi intervensi berupa olahraga teratur sejak usia kehamilan 18-22 minggu. Sebagian ibu tersebut diminta berolahraga teratur selama 12 minggu, dengan materi olahraga berupa dansa aerobik dan angkat beban.

Setelah diperiksa di akhir penelitian yang termuat dalam Obstet Gynecol 2012;119:29–36 ini, nampak bahwa ternyata antara kelompok ibu yang berolahraga dengan kelompok ibu yang tidak berolahraga sama-sama menyumbangkan prevalensi diabetes gestasional yang tidak berbeda jauh (6% dan 7%).

Selama ini kita percaya bahwa diabetes melitus terjadi akibat resistensi insulin, oleh karena reseptor insulin tertutup oleh akumulasi lemak. Lemak ini sebetulnya dapat dibakar dengan berolahraga. Namun ternyata mekanisme pencegahan resistensi insulin sebagai penyebab patofisiologi diabetes gestasional tidak hanya bisa diselesaikan semata-mata dengan berolahraga. Diet akan memegang peranan yang signifikan, dan sayangnya kita masih belum menemukan cara bagaimana memberikan motivasi yang efektif bagi ibu hamil untuk berdiet dalam rangka mencegah diabetes gestasional.

This entry was published on Januari 11, 2013 at 4:19 pm. It’s filed under Diabetes gestasional and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: