Thalassemia Dapat Hamil Normal

Riset dari Italia melaporkan bahwa penderita thalassemia, baik mayor maupun intermedia, dapat hamil dan melahirkan normal, tentu saja selama penyakitnya dirawat dengan baik selama masa-masa penting tersebut. Di klinik-klinik thalassemia di Turin, Genoa, Cagliari, dan Brindisi yang diteliti oleh Origa R dkk, sebanyak 43% perempuan thalassemia berhasil hamil secara spontan, meskipun sisanya harus mendapatkan kehamilannya melalui stimulasi ovulasi.

Thalassemia in pregnancySelama kehamilannya, ibu-ibu tersebut dijaga penuh agar kadar hemoglobin mereka tetap di level 9,9 g/dl. Jika ada ibu yang kadar Hb-nya turun hingga 7,6 g/dl, pada ibu tersebut diberlakukan transfusi darah, dengan regimen yang berbeda-beda bergantung pada status jantung dan pertumbuhan janin dari ibu yang bersangkutan. Tidak semua ibu memerlukan transfusi darah secara intensif; rentang transfusi bervariasi dari  sekali seminggu hingga sekali sepanjang kehamilan.

Hampir sebagian besar dapat melahirkan bayi yang sehat, kendati beberapa komplikasi bisa timbul seperti hiperstimulasi ovarium, hypersplenic crise, dan kelainan pada fungsi jantung. Hiperstimulasi ovarium ini yang menyebabkan beberapa penderita akhirnya menjadi gemelli. Konsekuensinya, banyak janin terhambat pertumbuhannya, sehingga terpaksa dilahirkan prematur atau melalui operasi Caesar.

Kelainan pada fungsi jantung penderita thalassemia timbul akibat penderita gagal menyelesaikan terapi iron chelating agent-nya oleh karena kehamilan. Nampaknya ini merupakan pelajaran yang perlu diambil hikmahnya, karena sebaiknya penderita perlu mendapatkan terapi iron chelating agent yang optimal sebelum memasuki fase konsepsi. Penderita dengan loading zat besi yang cepat bukan merupakan kondisi yang ideal untuk mendapatkan konseptus yang normal.

Penelitian ini diterbitkan dalam Haematologica 2010; 95:376-81. Sumber gambar berasal dari sini.

This entry was published on Januari 12, 2013 at 2:54 am. It’s filed under kelainan medis pada kehamilan and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: