Sentinel Lymph Node Biopsy pada Tumor Vulva

Pada kasus tumor vulva dengan tanda klinis limfadenopati yang minimal, pengobatannya seringkali kurang efisien karena luka akibat reseksi lebih merugikan daripada risiko kekambuhan yang ditanggung penderita. Namun limfadenopati yang nampak secara klinis sendiri merupakan tanda bahwa tumor vulva telah mencapai stadium lanjut yang prognosisnya sangat buruk.

SNL biopsySentinel lymph node biopsy (SLN biopsy) diciptakan sebagai upaya untuk mendeteksi metastase limfogenik dari tumor, salah satunya dimanfaatkan untuk diagnosis tumor vulva. SLN biopsy ini merupakan kombinasi antara pemindaian kelenjar limfe preoperatif dan lokalisasi intraoperatif dengan menggunakan tinta biru dan radiokoloid. Radiokoloid ini bersifat radioaktif, jika bersama tinta biru disuntikkan ke dalam kelenjar limfe, maka kelenjar yang mengalami pembesaran akan menampakkan warna kebiruan. Operator akan dapat mengenali mana kelenjar yang telah mengalami metastase, sehingga dapat membuang kelenjar tersebut dan tidak perlu membuang kelenjar yang belum metastase.

Levenback CF dkk (2012) melakukan SLN biopsy ini pada 418 penderita tumor vulva yang tidak ditemukan limfadenopati pada pemeriksaan fisiknya. Dari pasien-pasien tersebut, sebanyak 31,6% ditemukan minimal satu nodul positif pada SLN biopsy.

Beratnya metastase limfogenik ternyata juga berbanding lurus dengan besar tumor induknya. Pada penderita dengan tumor berdiameter 2-4 cm, metastase limfogenik ditemukan pada 26,4% populasi. Sedangkan jika tumornya melebihi 4 cm, angka metastase limfogeniknya ialah 40,9%.

Penelitian ini ditulis di J Clin Oncol 2012; (30):1-8.

Nampaknya, bagi setiap penderita tumor vulva dengan diameter melebihi 4 cm, meskipun tidak ditemukan limfadenopati klinis, lebih baik dilakukan SLN biopsy untuk mencegah metastase.

Gambar diambil dari sini.

This entry was published on Januari 15, 2013 at 11:54 am. It’s filed under tumor vulva and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: