Prognosis Operasi Debulking Kanker Epitel Ovarium

Menentukan ukuran sisa tumor pada pembedahan kanker epitel ovarium stadium lanjut ternyata cukup mempengaruhi prognosis dari kanker tersebut di kemudian hari. du Bois dkk (2009) menerangkan bahwa karsinoma jenis musinosa memiliki faktor prognosis yang kuat untuk kesembuhan kanker.

Ovariancancer

Pembedahan  yang berhasil membuang tumor tanpa menyisakan massa residual apapun, disebut complete debulking. du Bois dkk dalam Cancer 2009;115(6): 1234-44 menjelaskan bahwa operasi ini merupakan operasi yang memberikan faktor prognosis terbaik, nampak dari prevalensi pasiennya yang bertahan hidup tanpa kambuh ialah sekitar 46%. Jika masih ada massa residu yang tertinggal, namun ukurannya tidak melebihi 10 mm, maka ini disebut optimal debulking, dan ternyata ada 16,2% penderitanya yang berhasil bertahan hidup tanpa kambuh. Massa residu yang tertinggal dengan ukuran melebihi 10 mm disebut incomplete debulking, dan lebih banyak lagi penderitanya yang mengalami kekambuhan, yaitu sekitar 10%.

Guru saya menerangkan siang ini bahwa menentukan dalam menuliskan laporan operasi, perlu dijelaskan apakah pengangkatan tumor yang kita lakukan tersebut merupakan complete debulkingoptimal debulking, atau incomplete debulking. Jika yang kita lakukan tersebut ialah incomplete debulking, operator perlu menuliskan di mana lokasi massa residu, dan massa tersebut berada di dekat organ mana. Karena ini akan memberikan informasi untuk operator berikutnya jika operator tersebut perlu melakukan interval debulking, yaitu pengangkatan massa yang dilakukan di sela-sela kemoterapi.

Ilustrasi gambar diambil dari sini.

This entry was published on Januari 16, 2013 at 1:29 pm. It’s filed under Tumor ovarium and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Prognosis Operasi Debulking Kanker Epitel Ovarium

  1. Apakah utk tatalaksana tumor di bidang kebidanan adl murni kompetnsi SpOG? Krn sy pernah beberapa kali bertemu pasien, kanker cervix stadium lanjut justru dirawat oleh SpPD KHOM..

    • SpOG K-Onk punya kompetensi untuk tata laksana tumor pada organ-organ kebidanan, Mike. Tetapi aku juga tidak menampik bahwa masih banyak penderita tumor kebidanan yang ditangani oleh SpPD KHOM. Aku belum tahu kira-kira di sebelah mana SpPD KHOM dapat mengaplikasikan ilmunya untuk mengobati tumor pada organ kebidanan. Nanti kalau sudah tahu, aku update ke Mikhael deh.🙂

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: