Post Placental IUD

Vanita Suri (2012) menulis dalam Indian J Med Res 2012 September; 136(3): 370–1 bahwa pada dasarnya komplikasi akibat pemasangan intrauterine contraceptive device (IUD) beberapa hari setelah pasca salin tidak berbeda dari pemasangan IUD segera setelah pelahiran plasenta. Kejadian perforasi dan infeksi setelah pemasangan IUD pada waktu pemasangan manapun tetap sama. Memang angka ekspulsi IUD meningkat sedikit pada IUD yang dipasang post plasental. Akan tetapi jika IUD dipasang post plasental dan persalinan tersebut dilakukan melalui operasi Caesar, maka kejadian ekspulsi IUD lebih rendah daripada IUD yang dipasang post plasental pervaginam.

IUD cookies 017 (1)Saya punya kebiasaan menanyai pasien-pasien saya yang sedang inpartu, apa rencana kontrasepsi mereka setelah mereka melahirkan nanti. IUD termasuk yang sering saya sarankan. Pengetahuan mereka yang terbatas mengenai manfaat kontrasepsi membuat mereka seringkali ragu untuk mengambil IUD sebagai alat kontrasepsi pilihan mereka. Maka tantangannya adalah bagaimana memotivasi mereka agar bersedia dipasang IUD pada periode beberapa hari setelah masa nifas dimulai. Ini seringkali tidak mudah karena masih banyak ibu menyusui yang sudi mengontrol nifasnya ke klinik, sehingga angka cakupan kontrasepsi pada ibu-ibu nifas menjadi rendah. Pemasangan IUD post-plasental merupakan solusi pada masyarakat dengan setting demikian, namun risiko ekspulsi yang akan mereka tanggung akan menjadi masalah di kemudian hari.

Gambar diambil dari sini

This entry was published on Februari 23, 2013 at 4:21 pm. It’s filed under Kontrasepsi and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: