Aktivitas Fisik Memperbaiki Kesejahteraan pada Kanker Paru

Banyak penderita kanker paru baru terdiagnosis pada saat sudah menginjak stadium lanjut (IIIA/B atau IV) sehingga sulit untuk dilakukan pembedahan untuk menolongnya. Solusi pertolongan berupa kemoterapi ternyata menimbulkan masalah baru berupa kesulitan untuk melakukan aktivitas ringan sehari-hari, seperti otot badan menjadi lemah, sehingga cukup mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Henke dan kawan-kawan pada tahun 2010 meneliti 46 penderita kanker paru stadium lanjut yang sedang menjalani kemoterapi di Berlin. Henke dkk mencoba membandingkan antara mereka yang diminta melakukan aktivitas fisik tertentu dan mereka yang tidak diminta melakukan aktivitas tersebut. Aktivitas yang diminta ialah berjalan di lorong selama enam menit, berjalan menaiki tangga sebanyak 10 anak tangga, dan latihan nafas di bawah asuhan petugas fisioterapi.

Hasilnya, ternyata mereka yang menjalani aktivitas fisik, merasakan bahwa atrofi otot yang mereka alami pun membaik. Rasa sesak yang mereka keluhkan juga berkurang.

Henke dkk juga mendapatkan bahwa pada mereka yang menjalani aktivitas fisik, terjadi perbaikan skor yang bermakna pada tes berjalan enam menit, tes mendaki tangga, dan kekuatan otot biseps, triseps, dan otot perut.

Dengan demikian nampaknya rutinitas rumah sakit untuk total mengistirahatkan penderita kanker paru stadium lanjut perlu dikaji ulang. Penderita ini nampaknya tidak hanya memerlukan kemoterapi, namun juga aktivitas fisik yang terukur.

Penelitian Henke untuk kanker paru ini dapat diunduh di:
Henke, Cabri, Fricke. Strength and endurance training in the treatment of lunc cancer patients in stage IIIA/IIIB/IV. Powered by Telkomsel BlackBerry®

This entry was published on Januari 20, 2014 at 10:47 pm and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Bagaimana pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: